MASAMBA, pantaunewsonline.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Luwu Utara menggelar Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Penanganan Pelanggaran Pemilu 2024 di Hotel Remaja Masamba, Sabtu (10/6/2023).

Rakernis ini dihadiri Ketua Bagian Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Pemilu Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan, Dr. Abdul Malik, S.HI., M.HI. dan Kanit II Subdit I Direskrimum Polda Sulsel, AKP H. Saifuddin, S.Sos.

Anggota Bawaslu Kabupaten Luwu Utara, Muhajirin dalam sambutannya mengatakan Rakernis ini digelar untuk meningkatkan pemahaman bagi penyelenggara pemilu, tentang teknis penyelesaian sengketa dan penanganan pelanggaran pemilu.

“Jadi untuk para panwas kecamatan, hari ini kita sengaja datangkan pemateri kita yang sudah tidak diragukan lagi kapasitasnya dalam penanganan pelanggaran pemilu untuk saling sharing pengalaman terkait pelanggaran Pemilu serta teknis penanganannya,” ujar Muhajirin.

Ia juga berharap, dengan dilaksanakannya Rakernis ini, pengawasan Pemilu bisa lebih ditingkatkan dan para peserta dapat mengimplementasikan ilmu yang diperoleh dalam pengawasan Pemilu.

“Saya berharap para peserta, panwascam, agar mengikuti Rakernis ini dengan serius, sehingga apa yang disampaikan oleh pemateri bisa diserap ilmunya dan bisa di implementasikan dalam pengawasan nantinya,” kuncinya.

Sementara itu, Dr. Abdul Malik, S.HI., M.HI sebelum membuka Rakernis menyebutkan agar para peserta memperbanyak literasi Perbawaslu 7 Tahun 2022 tentang prosedur-prosedur dalam penanganan pelanggaran pemilu.

“Bagi teman-teman panwascam, banyak-banyaklah baca Perbawaslu 7 Tahun 2022 itu, sehingga sebagai pengawas bisa mengetahui secara jelas prosedur penanganan dalam pelanggaran pemilu, kita tahu apa yang harus dilakukan saat menemukan pelanggaran itu,” pungkasnya.

“Dari situ juga kita akan memahami bagaimana memadukan dan menghubungkan Perbawaslu dengan Gakkumdu,” tambahnya.

Untuk diketahui, Rakernis ini juga turut dihadiri Ketua Bawaslu Luwu Utara, Sriwati Sukma, SH, peserta yang terdiri dari panwascam se-Kabupaten Luwu Utara, Sentra Gakkumdu yang terdiri dari Polres Luwu Utara maupun Kejaksaan Negeri Luwu Utara, Anggota maupun Staff Bawaslu Luwu Utara (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here