MASAMBA, pantaunewsonline.com  Indeks profesionalisme ASN Luwu Utara di 2022 berada pada angka 43,2 atau termasuk dalam kategori  rendah. Hal ini salah satunya disebabkan oleh kualifikasi jenjang pendidikan ASN di Kabupaten Luwu Utara yang dinilai kurang.

Dari data yang ada diketahui dari 4.878 orang ASN, hanya terdapat 2 orang yang bergelar sarjana strata 3 (S3) dan hanya ada 170 orang ASN yang bergelar sarjana strata 2 (S2). Sementara ada 3.438 orang ASN yang telah memegang gelar sarjana Strata 1 (S1).

Oleh karena itu, Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, mengimbau  para ASN sarjana S1 untuk melanjutkan jenjang pendidikannya.

“Saya ingin menekankan pentingnya pendidikan formal strata 2 dan 3 guna mendongkrak indeks profesionalisme ASN Luwu Utara,” kata Indah saat menyampaikan arahan pada pengambilan dan pelantikan pejabat administrator dan pengawas lingkup Pemkab Luwu Utara, Senin, (17/7/2023).

Selain demi mendorong peningkatan indeks profesionalisme ASN, bupati yang tengah menempuh pendidikan strata 2-nya di bidang Manajemen Bencana ini mengatakan bahwa, ada banyak manfaat lain yang bisa didapatkan.

“Dengan pendidikan yang lebih tinggi, kita dapat membuka pintu menuju pengetahuan yang lebih luas, mengembangkan keterampilan analitis yang lebih tajam, dan menjadi pemimpin yang kompeten dalam bidang tugas kita,” terang Indah.

Karena pendidikan Strata 2 dan Strata 3, kata dia, merupakan salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan pemahaman mendalam dalam bidang spesialisasi tiap pejabat daerah.

Bupati yang bergelar S.IP., M.Si ini membeberkan bahwa dengan kualifikasi jenjang pendidikan yang lebih tinggi, seorang ASN memiliki kesempatan yang lebih besar  pula dalam mendapatkan promosi.

“Gelar S2 atau S3 juga dapat membuka pintu untuk kesempatan karir yang lebih baik, termasuk dalam hal ini promosi ke posisi manajerial yang lebih tinggi dan tentu tanggung jawab yang lebih besar,” sambung isteri dari Anggota DPR RI, Muhammad Fauzi ini.

Maka dari itu, besar harapan Indah agar setiap ASN segera menempuh pendidikan yang lebih tinggi.

“Kepada pejabat tinggi pimpinan pratama, baik yang lama maupun yang baru saja saya lantik. Juga kepada pejabat administrator dan pejabat pengawas lama atau yang baru saya lantik hari ini. Saya harap teman-teman sekalian segera melaksanakan komitmennya sesuai surat pernyataan bersedia melanjutkan pendidikan ke strata yang lebih tinggi,” harapnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here