MASAMBA, pantaunewsonline.com – Setelah melalui tahapan dan mekanisme pembahasan serta tata tertib DPRD Kabupaten Luwu Utara (Lutra), Rancangan Peraturan Daerah Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2023, hari ini ditetapkan menjadi Peraturan Daerah.

Penetapan ditandai dengan dilakukannya penandatanganan berita acara persetujuan bersama antara pimpinan DPRD dan Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani. Acara ini dilaksanakan di Ruang Rapat Paripurna, Kantor DPRD Lutra, Jl. Simpurusiang, Nomor 26 Masamba, Selasa (29/11/2022).

Ketua DPRD Lutra, Drs. Basir saat memimpin rapat paripurna mengatakan bahwa hal ini adalah sebagai tindak lanjut dari hasil pembahasan Banggar terhadap Ranperda APBD TA. 2023, serta memperhatikan hasil rapat Badan Musyawarah DPRD Lutra pada tanggal 21 November 2022, tata tertib DPRD Lutra, setelah Banggar menyelesaikan tugas dalam waktu yang telah ditetapkan, maka Banggar akan menyampaikan laporan kepada Pimpinan DPRD.

“Jadi ini adalah tindak lanjut dari hasil pembahasan banggar atas ranperda APBD Tahun Anggran dua ribu dua puluh tiga, selain itu juga telah terjadwal melalui rapat banmus lalu dan sesuai tata tertib DPRD lutra, setlah menyelesaikan tugas pembahasa dalam waktu yang telah ditentukan maka harus dilaporkan kepada Pimpinan DPRD Lutra melalui rapat paripurna,” katanya.

Pelapor Badan Anggran DPRD Lutra Abd. Aris Mustamin, S.Sos., M.AP. saat membacakan laporannya, mengapresiasi Bupati dan jajarannya atas kerja sama yang baik sehingga pembahasan Ranperda APBD Tahun 2023, dapat terlaksana sesuai jadwal yang ditetapkan Banmus DPRD lutra. Dirinya juga mengungkapkan tema pembangunan Pemkab Lutra tahun 2023.

“Kami atas nama pelapor menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Bupati dan jajarannya, atas kerja sama yang baik, sehingga pembahasan ranperda APBD Tahun dua ribu dua tiga dapat dilaksanakan tepat waktu, sesuai jadwal yang ditetapkan. Adapun tema pembangunan Luwu Utara tahun depan adalah  pemantapan pemulihan ekonomi, pasca bencana dan kualitas lingkungan  hidup serta peningkatan SDM dalam mendukung pelayanan yang berkualitas,” ungkap Aris.

Sementara itu Bupati Lutra Hj. Indah Putri Indriani, S.Ip., M.Si. menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada 7 Fraksi DPRD Lutra yang telah menyatakan persetujuan terhadap Ranperda APBD Tahun 2023 untuk ditetapkan menjadi Perda, seraya berharap semoga apa yang telah diprogramkan akan berdampak terhadap peningkatan pelayanan publik dan peningkatan kinerja pemda yang lebih baik dan dirasakan masyarakat.

“Alhamdulillah tujuh fraksi di DPRD telah menyatakan persetujuannya untuk ditetapkan menjadi Perda, untuk itu kami ucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi dan kami berharap apa yang telah diprigramkan akan menikatkan pelayanan publik dan peningkatan kinerja yang baik, sehingga dirasakan masyarakat.” kata Bupati Indah.

Apresiasi yang sama juga disampaikan kepada Badan Anggaran DPRD dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).

“Apresiasi yang sama juga kami sampaikan kepada Banggar DPRD dan TAPD yang telah membagi waktu untuk merampungkan Rancangan APBD ini, tentunya hal ini semata-mata sebagai wujud tanggung jawab dan dedikasi serta komitmen yang harmonis dengan tujuan pembangunan Luwu Utara yang lebih baik” katanya.

Persetujuan penetapan Ranperda tentang APBD Tahun Anggaran 2023 menjadi Peraturan Daerah, tertuang dalam Keputusan DPRD Lutra, dengan Nomor :188.4/23/DPRD-LU/XI/2022, yang dibacakan oleh Sekretaris Dewan, Drs. H. Aspar, pada rapat paripurna tersebut.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here