MASAMBA, pantaunewsonline.com –¬†Memasuki pertengahan semester II tahun 2023, Pemda Luwu Utara melalui Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) menggelar evaluasi kinerja perangkat daerah, Senin (18/9/2023), di Aula La Galigo, kantor Bupati Luwu Utara, Masamba.

“Pelaksanaan RPJMD 2021-2026 sudah berjalan dua tahun. Dan memasuki tahun ketiga. Rapor pencapaian kinerja yang kami bagikan tadi, itu adalah capaian kerja untuk tahun 2022. Saya minta dengan sangat untuk dibaca dengan seksama dan dikaji bersama di internal masing-masing,” pinta Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani ketika mengawali paparannya terkait hasil evaluasi kinerja PD.

Ia berharap agar capaian kinerja ini menjadi bahan evaluasi bagi semua dan juga sebagai bahan untuk penyusunan program kegiatan ke depan.

“Kalau kita lihat secara keseluruhan, total capaiannya memang sudah sangat tinggi. Tapi ada beberapa item yang masih butuh untuk terus kita dorong,” tutur bupati dua periode ini.

Khusus di capaian Lima Bisa yakni Bisa Bangkit, Bisa Terkoneksi, Bisa Bersaing, Bisa Maju, dan Bisa Mandiri di 2022, Indah menyebutkan ada delapan program yang statusnya masih rendah dan sangat rendah.

Indah memaparkan bahwa secara keseluruhan, BISA BANGKIT pemenuhan (ekonomi, sosial, dan infrastruktur) tingkat capaiannya 135,66% dengan kategori capaian sangat tinggi.

BISA TERKONEKSI (Luwu Utara terkoneksi), tingkat capaiannya 132% dengan kategori sangat tinggi. Kemudian BISA BERSAING (peningkatan daya saing daerah), tingkat capaiannya 80,68% dengan kategori capaian tinggi. Sementara BISA MAJU (pemenuhan infrastruktur secara berkelanjutan), tingkat capaiannya 73,71% dengan kategori capaian sedang.

“BISA MANDIRI kawasan pertumbuhan ekonomi baru, tingkat capaiannya 27% dengan kategori capaian sangat rendah, ini yang menjadi PR kita, dan mudah-mudahan perda tentang kawasan industri dapat segera dilanjutkan pengemasannya,”¬†terangnya.

Di semua perangkat daerah, kata Indah, capaian kinerja kegiatan (output) dengan capaian kinerja program (outcome) umumnya juga telah mencapai kategori tinggi dan sangat tinggi.

“Namun, yang menjadi PR kita selanjutnya, itu ada di capaian kinerja sasaran,” sebut Indah menambahkan.

Untuk itu, Isteri dari Anggota DPR RI, Muhammad Fauzi ini meminta atensi yang besar dari seluruh pihak.

“Tentu ini butuh dukungan kita semua supaya bisa naik ke kategori tinggi dan sangat tinggi. Saya minta betul atensi kita semua dalam mendorong capaian sasaran,” harap bupati yang karib disapa IDP ini.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here