MASAMBA, pantaunewsonline.com – Kepolisian Resort (Polres) Luwu Utara menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat jelang Idul Fitri 1443 Hijriah di lapangan upacara Mako Polres Luwu Utara, Jum’at (22/4/2022) pagi.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka menciptakan situasi aman dan kondusif serta mengantisipasi kerawanan tindak kejahatan di tengah masyarakat pada saat momen lebaran.

Kapolres Luwu Utara, AKBP. Alfian Nurnas dalam amanahnya saat memimpin apel gelar pasukan katakan perayaan hari raya Idul Fitri sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia dengan kegiatan ibadah untuk dapat Silaturahmi dengan keluarga serta kerabat.

Kapolres juga sampaikan bahwa Idul Fitri tahun ini berbeda dengan Idul Fitri tahun lalu karena tahun ini pemerintah telah memberikan kelonggaran kepada masyarakat untuk dapat merayakannya dengan berkumpul bersama keluarga.

“Tidak seperti tahun kemarin, masyarakat diimbau untuk tidak mudik, namun tahun ini kegiatan mudik tidak dilarang Dan tidak dilakukan penyekatan penyekatan di jalur jalur lintasan masyarakat,” ungkap Kapolres.

Lanjut dikatakan Kapolres bahwa kebijakan pemerintah untuk tidak melarang masyarakat melakukan perjalanan mudik telah ditanggapi dengan Euphoria masyarakat.

Hal ini terbukti berdasarkan hasil survei badan litbah kemenhub RI diprediksi sekitar 85,5 juta masyarakat akan melaksanakan mobilitas atau perjalanan selama lebaran.

Kendati demikian, pemerintah tetap menggelar kegiatan vaksinasi untuk mengejar target pada 30 April 2022 khususnya wilayah Jawa dan Bali mencapai 100% untuk Dosis kedua Booster 30% dengan lansia 70 % disertai dengan berbagai upaya pencegahan untuk penyelamatan bangsa Indonesia dari bahaya Pandemi covid-19.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Luwu Utara, Armiadi sampaikan, terkait operasi ketupat ini dirinya berharap kepada seluruh pengguna jalan untuk saling menghargai, tidak melakukan arak-arakan kendaraan.

“Kita mengharapkan masyarakat untuk tidak merayakan hari Idul Fitri secara Euforia oleh karena itu kita perbanyak Takbir sesuai dengan hasil rapat kemarin takbir kita lakukan di masjid masjid dan mushola serta dari rumah ke rumah,” ujar Armiadi.

“Ini yang harus kita antisipasi dan kita cegah Karena ada khawatiran kita di idul Fitri 1443 H tahun ini itu akan membludak masyarakat yang mudik oleh karena itu kita menghimbau terus masyarakat untuk tidak melakukan arak-arakan terutama di jalan raya,” tutupnya.

Turut hadir dalam Apel Gelar Pasukan tersebut yakni Ketua DPRD luwu Utara, Perwira Penghubung luwu utara, Ketua pengadilan Negri Luwu utara, Danki Brimob, Kasi pidum Kejari Luwu Utara serta Kepala dinas kesehatan Luwu Utara.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here