MASAMBA, pantaunewsonline.com – Anggota Unit Resmob Polres Luwu Utara berhasil menangkap seorang pelaku pencurian handphone yang hampir sebulan keluar dari Lapas karena program asimilasi.

Terduga pelaku adalah seorang pria bernama Jumardin bin Jahidin (26) alamat Sape Kelurahan Bone Kecamatan Masamba ditangkap setelah Kepolisian Resor Luwu Utara menerima laporan dari  seorang wanita yang menerangkan dirinya menjadi korban pencurian.

Terduga pelaku ditangkap berdasarkan Lp/95/IV/2020/SPKt Tanggal 29 April 2020
Tkp. Sape Kelurahan Bone Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara oleh Korban Nur Ainun Masita (19) wiraswasta, alamat sesuai dengan TKP.

Kasat Reskrim Polres Luwu Utara AKP H. Syamsul Rijal, S.Sos mengatakan terduga pelaku merupakan warga binaan lapas Luwu Utara yang mendapatkan program asimilasi gelombang kedua pada 2 April 2020 yang lalu.

“Pernah masuk Lapas. Pelaku ini keluar karena program asimilasi pada awal bulan april kemarin dan tertangkap lagi karena terbukti melakukan pencurian,” ujar AKP Syamsul Rijal, Kamis (30/4/2020).

Ia menjelaskan pencurian tersebut terjadi pada Rabu 29 April 2020 kemarin. Saat itu
pelaku masuk rumah lewat jendela rumah korban yang tidak terkunci, lalu pelaku masuk dalam kamar korban melalui pintu yang tidak terkunci. Waktu itu korban tidur dan pelaku mengambil hp yang berada disamping korban.

“Alhasil, 1 hp merk iphone tipe 11 dan merk vivo tipe Y 12 milik korban pada saat itu dibawa kabur oleh pelaku yang kemudian pelaku balik kerumahnya yang berjarak sekitar 500 meter dari rumah korban,” terang Kasat Reskrim.

Ia tambahkan, atas laporan korban tersebut, kemudian tim lakukan penyelidikan dan melacak keberadaan HP yang dicuri oleh pelaku. Saat mengetahui posisi HP yang dilacak tersebut, tim pun bergegas kerumah pelaku dan mendapati pelaku lalu menangkapnya.

“Saat ini pelaku sementara menjalani proses hukum yang berlaku. Pelaku dikenakan Pasal 362 KUHPidana, serta menyita barang bukti berupa 2 unit Handphone yang diamankan di Mapolres Luwu Utara,” tutupnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here