MASAMBA, pantaunewsonline.com || Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Luwu Utara menggelar rapat paripurna dengan agenda penyerahan 3 buah Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) yang diserahkan oleh Wakil Bupati Luwu Utara, Suaib Mansyur, ST, M.Si.

Rapat paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD, Drs. Basir dan dihadiri oleh para Anggota DPRD Luwu Utara serta sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Luwu Utara.

Paripurna di akhir bulan Ramadan 1442 Hijriyah ini dilaksanakan di ruang rapat paripurna kantor DPRD Luwu Utara pada Selasa (11/5/2021).

Ketua DPRD Luwu Utara, Drs. Basir mengungkapkan bahwa tahapan pembahasan terhadap ke 3 Ranperda tersebut telah disepakati dalam Rapat Badan Musyawarah DPRD Lutra dan dilaksanakan berdasarkan peraturan tata tertib DPRD Lutra.

“Berdasarkan hasil rapat Banmus kemarin 10 Mei 2021, telah disepakati bahwa pembahasan tersebut dilaksanakan berdasarkan tata tertib DPRD Luwu Utara”, ungkap Basir.

Lanjut dikatakan Basir bahwa adapun penjelasan Bupati terhadap Ranperda RTRW 2021-2041, adalah merupakan Revisi dari Perda Kabupaten Luwu Utara No 2 Tahun 2011, Revisi dilakukan berdasarkan hasil Peninjauan Kembali RTRW dimana nilai rata-ratanya hanya 2,21.

Nilai tersebut dibawah nilai tersebut dibawah batas standar nilai peninjauan kembali untuk revisi  yaitu, 2,25. Hal ini sesuai dengan Peraturan Mdnteri Agraria dan Tata Ruang Nomor 6 tahun 2017 tentang tata cara peninjauan kembali Rencana Tata Ruang.

Sementara untuk Ranperda tentang Pengelolaan Air Limbah Domestik, diharapkan agar  Pemerintah daerah lebih proaktif mengatur dan mengendalikan kegiatan air limbah domestik, sehingga kualitas sumber daya air dan kesehatan lingkungan tetap terjaga.

Sedangkan untuk Ranperda tentang Rencana Pembangunan Industri Tahun 2021 -2041, Basir jelaskan bahwa Ranperda ini merupakan delegasi dari Pasal 11 Undang-Undang Nomor 3 tahun 2014 tentang perindustrian dan Pasal 6 Peraturan Pemerintah Nomor 14 tahun 2015 tentang Rencana Induk Pembangunan Industri Nasional tahun 2015-2035.

Salah satu pendorong pembangunan di Lutra adalah sektor Industri, oleh karena itu kebijakan Pengembangan dan Pembangunan Kawasan Industri di Lutra sangat diperlukan  mengingat Sumber Daya dukung dari Sumber daya yang tersedia (Alam dan Manusia) cukup tinggi.

Sehingga jika dipergunakan dengan baik dan tepat akan menghasilkan kekuatan industri yang pada akhirnya melahirkan masyarakat yang mengalami kemajuan dalam pembangunan ekonomi.

Untuk diketahui, 3 Buah Ranperda yang diserahkan oleh Wakil Bupati Luwu Utara dan di bahas dalam paripurna tersebut yakni;

  1. Ranperda tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) tahun 2021 – 2041.
  2. Ranperda tentang Pengelolaan Air Limbah Domestik.
  3. Ranperda tentang Rencana Pembangunan Industri tahun 2021 – 2041.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here