MASAMBA, pantaunewsonline.com – DPRD Kabupaten Luwu Utara menggelar rapat paripurna dalam rangka penyerahan dua buah Ranperda usulan Pemerintah Kabupaten Luwu Utara di ruang rapat paripurna Kantor DPRD Luwu Utara, Senin (5/9/2022).

Rapat paripurna dipimpin langsung Ketua DPRD Luwu Utara, Drs. Basir didampingi Wakil Ketua I, Awaluddin yang dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Luwu Utara, Ir. Armiady, pimpinan SKPD, para Anggota DPRD beserta undangan.

Dua buah Ranperda usulan Pemkab Luwu Utara yang diserahkan dalam rapat paripurna tersebut adalah Ranperda Inovasi Daerah dan Ranperda Pengelolaan Keuangan Daerah.

Ketua DPRD Luwu Utara mengatakan setiap pembahasan suatu ranperda, maka dprd dan pemerintah daerah punya peran yang penting dan seimbang. Sama-sama bisa mengusulkan kemudian dibahas sebelum jadi Perda.

“Jadi dalam pembahasan suatu Ranperda , DPRD dan Pemerintah daerah memiliki peran yang penting dan seimbang. Jadinya, sama-sama mengusulkan maupun membahasnya sebelum ditetapkan sebagai Perda,” katanya.

Pembentukan Perda atas dasar persetujuan bersama tersebut memiliki makna bahwa antara lembaga eksekutif dan legislatif akan mengimplementasikan tugas pokok dan fungsi sebagaimana diamanatkan dalam peraturan perundangan dimaksud.

“Kita mengetahui bersama, Perda merupakan instrumen yang sangat strategis dan sebagai sarana untuk mencapai tujuan disentralisasi. Perda dibentuk dalam rangka penjabaran lebih lanjut dari peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi dengan memperhatikan ciri khas masing-masing daerah,” tutupnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here