MASAMBA, pantaunewsonline.com – Wakil Bupati Luwu Utara, Suaib Mansur menerima Tim Verifikasi Lapangan Penyelenggaraan Kab/Kota Sehat tingkat Provinsi Sulawesi Selatan, Selasa (6/12/2022).

Tim Verifikasi Lapangan terdiri dari Ketua Tim, A. Nurseha didampingi Diana beserta Ketua Forum Kab/Kota Sehat Provinsi Sulawesi Selatan, Muslim Rasyid.

Muslim mengatakan, kunjungannya untuk meninjau langsung dan melakukan verifikasi kondisi di lapangan terhadap apa yang menjadi laporan Forum Kabupaten Sehat.

“Tim verifikasi menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Luwu Utara atas penerimaan dalam rangka melakukan verifikasi lapangan di beberapa lokus objek verifikasi,” terang Muslim.

Ia juga menyebut ada sembilan tatanan kabupaten sehat diantaranya: (1) Kehidupan masyarakat sehat mandiri; (2) Permukiman dan rumah ibadat; (3) Pasar rakyat; (4) Satuan pendidikan, dan (5) Pariwisata, (6) Transportasi dan tertib lalu lintas; (7) Perkantoran dan perindustrian; (8) Perlindungan sosial; dan (9) Pencegahan dan penanganan bencana.

Sementara Wakil Bupati Luwu Utara, Suaib Mansur menyampaikan, untuk mewujudkan Luwu Utara sebagai kabupaten sehat, langkah yang akan dilakukan adalah menciptakan lingkungan bersih dan sehat.

“Sebelum proses tersebut dilakukan kita berupaya memenuhi beberapa tatanan yang telah ditentukan, salah satunya menyiapkan sanitasi layak, termasuk pemenuhan lokasi car free day yang masih menjadi PR pasca banjir bandang,” ucap Suaib.

Agar hal tersebut dapat terealisasi sesuai target, pihaknya telah menginstruksikan Perangkat Daerah (PD) terkait agar bekerja aktif untuk menuntaskan persoalan tersebut dengan  mengarahkan DPUTRPKP2 termasuk Dinas Kesehatan agar bagaimana sanitasi lingkungan di rumah-rumah warga ini bisa baik.

Selain itu, hal lainnya yang perlu dilakukan adalah memberikan edukasi kepada masyarakat luas tentang pentingnya hidup bersih dan sehat.

“Ini bukan perlombaan melainkan sudah seharusnya kabupaten kita sehat yaitu kabupaten yang layak dihuni. Untuk itu kita upayakan berkomunikasi dengan warga agar dapat berperilaku sehat sembari kita lihat keadaan sekitarnya,” tegasnya.

Adapun lokus yang menjadi titik kunjungan tim verifikasi yakni sarana pendidikan sehat, pasar rakyat, Pokja desa sehat, forkom kecamatan sehat, dan verifikasi dokumen.

Untuk diketahui, Luwu Utara meraih penghargaan  tertinggi sebagai Kabupaten Sehat kategori Swasti Saba Wistara pada 2017 dan 2019 lalu.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here