MASAMBA, pantaunewsonline.com – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Tahun 2020 tak lama lagi akan dihelat di Kabupaten Luwu Utara.

Mantan Bupati Luwu Utara, Drs. H. Arifin Junaidi, MM memiliki penilaian tersendiri kepada 3 bakal calon Bupati Luwu Utara yang akan mengikuti Pilkada tersebut.

Bupati periode tahun 2010-2015 itu katakan bahwa ketiga pasang balon tersebut adalah putri dan putra terbaik bangsa yang menurutnya memiliki kapasitas, kemampuan dan niat yang sama untuk mengabdi di daerah.

Serta mempunyai niat yang sama, tujuan yang sama untuk memajukan daerah Luwu Utara menuju daerah yang lebih maju untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera, adil aman dan damai.

Seperti apa penilaian mantan Bupati Luwu Utara itu, berikut ulasan secara tertulisnya yang diterima oleh redaksi pantaunewsonline.com ;

By : Drs. H. Arifin Junaidi, MM

Assalaamu Alaiikum.Wr.Wb….

Saya Arifin Junaidi, salah seorang masyarakat Luwu Utara yang perduli akan Pilkada Luwu Utara Tahun 2020.

Dalam beberapa bulan kedepan, akan berlangsung perhelatan demokrasi/Pemilihan Kepala Daerah baik tingkat I maupun Kabupaten/Kota satu diantaranya yakni Kabupaten Luwu Utara.

Khusus Luwu Utara ada tiga pasang bakal calon Bupati dan Wakil Bupati yang mencuat masing-masing, diantaranya yaitu ;

1. Indah Putri Indriani dan Suaib Mansyur
2. M.Thahar Rum dan Rahmat Laguni serta;
3. Arsyad Kasmar dan Andi Sukma.

Ketiga pasang balon tersebut adalah putri dan putra-putra terbaik bangsa ini yang hemat saya sama-sama memiliki kapasitas, kemampuan dan niat yang sama yakni akan mengabdikan diri di Lutra dan akan memajukan daerah menuju daerah yang lebih maju untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera, adil aman dan damai.

Kalau dapat saya gambarkan masing-masing tiga balon yang dimaksud.

Hj. Indah Putri Indriani, S.I.P, M.Si.

Yang sekarang notabene merupakan petahana, dengan basic pendidikan Agama dan jebolan Ilmu Pemerintahan Unhas.

Beliau berlatar belakang akademisi dan aktivis dengan wawasan yang cukup cerdas, mudah dan pandai bergaul serta memiliki pengalaman pemerintahan yang sudah teruji, pernah menjabat Wakil Bupati 5 tahun dan terkhir Bupati hampir 5 tahun.

Disaat beliau mendampingi saya sebagai Wakil Bupati, semua tugas-tugas yang diemban baik yang telah diatur berdasar regulasi maupun penugasan dari Bupati, Indah sangat pahami substansinya sehingga dapat dilaksanakan.

Dengan pendek kata, selama beliau mendampingi saya, Indah nyaris tidak pernah menyusahkan pimpinan karena beliau tahu betul pilosofi sebagai bawahan yakni “Bagaimana mengurus atasan, dan beliau adalah sosok yang loyal, bersahaja dan santun”

Dan terakhir, beliau mendapat cobaan yang luar biasa berupa musibah banjir bandang di wilayahnya. Dibalik itu, pengamatan saya, beliau adalah sosok yang tabah, tegar, kuat fisik dan mental meski dia seorang perempuan.

Karena tiada hari yang terlewatkan, beliau selalu berada di tengah-tengah masyarakat dan pengungsi. Mungkin dalam hal seperti ini, saya pun tidak bisa lakukan karena berbagai kondisi.

Berdasarkan pengalaman dan kondisi seperti itu, maka hemat saya, Indah Putri Indriani sangat layak kembali memimpin Luwu Utara, alasannya karena anatomi Luwu Utara sudah sangat dia pahami dan tahu persis dari mana memulainya.

Beliau sangat sulit dipisahkan dengan saya karena dibilang, beliau adalah kader saya.

Muh.Thahar Rum, SH.

Beliau sahabat dan sekaligus bagian dari keluarga saya. Saya sama-sama meniti karir dari bawa sebagai PNS yang sekarang ASN sejak dari Kabupaten Luwu sampai skarang.

Beliau masih exsis di berbagai penugasan telah beliau lalui, dan semuanya dilaksanakan dengan baik dan sempurna. Beliau pernah menjabat sebagai Kabag Hukum di Kabupaten Luwu dan mendapat reward dari pimpinan karena keberhasilannya.

Pernah bertugas di beberapa Kecamatan disaat masih di Luwu, dan jabatan struktural yang strategis di jabat bertahun-tahun yakni sebagai Kadis Pendidikan dan cukup mengangkat dunia pendidikan yang terkemuka di Sulawesi Selatan. dan beliau pun mendapat penghargaan dari pemerintah atasan.

Perjalanan karir beliau cukup komplit, di birokrat bertahun-tahun dan berhasil. Pernah duduk sebagai Angotta DPRD Luwu Utara, dan sekarang posisi beliau adalah Wakil Bupati dan juga sebagai in cumbent.

Kalau kita menengok perjalanan pemerintahan di Luwu Utara, Bupati pertama dilanjutkan oleh Wakilnya, demikian Bupati kedua juga dilanjutkan oleh Wakilnya. Dan tidak menutup kemungkinan, Bupati berikutnya akan diteruskan pula oleh Wakilnya.

Dari perjalanan panjang karir pemerintahan serta pengalaman Pak Thahar, maka beliau sangat pantas untuk memimpin Luwu Utara 5 tahun kedepan. Semoga…

Arsyad Kasmar

Baliau adalah keluarga dekat saya dan masih ada pertalian hubungan darah dengan beliau. Beliau berlatar belakang pengusaha yang sukses, betapa tidak karena beliau piawai dalam memenej manusia dan peralatan.

Tentu hal ini bukan tanpa modal, modalnya human relation. Beliau punya banyak jaringan baik antar sesama pengusaha maupun para petinggi negeri ini. Dengan begitu, koneksitas dan akses untuk mendatangkan investor dan lobi-lobi dengan penentu dipusat terbuka lebar.

Beliau adalah calon pemimpin Luwu Utara yang Enterpteneurship yaitu pemumpin yang berjiwa wira usaha. Hal ini sangat konek dengan sumber daya alam kita yang konon melimpah yang jujur saya katakan belum maksimal dikelola.

Sebelum saya hakkul yakin bahwa latar belakang dan pengalaman beliau akan membawa rakyat Luwu Utraa yang lebih sejahtera. Dari analisa diatas, Pak Arsyad sangat pantas tampil memimpin Luwu Utara kedepan.

Jadi….Ketiga-tiganya punya peluang yang sama, namun yang akan menjadi Bupati hanya satu saja diantara mereka mana yang mayoritas dipilih oleh rakyat. Dan yang terpenting adalah mana diantara tokoh kita ini yang dirahmati oleh Allah SWT.

Catatan:
Ketiga pasang balon ini sudah pernah kontak dengan saya untuk bergabung pada timnya, baik secara langsung, lewat medsos dan lewat keluarga dan handai taulan.

Untuk hal ini saya ucapkan terima kasih. Ini merupakan penghargaan yang luar biasa bagi saya, karena itu saya ucapkan terima kasih. Insya Allah semuanya akan saya beri dukungan moril. Betapa tidak mereka, adalah adik-adik saya harapan bangsa dimasa depan.

Kalotok Tempat Pegungsian 21 Agustus 2020.

(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here