PANTAUNEWS.ONLINE | BAEBUNTA – Seorang residivis pencuri spesiasialis rumah kosong di wilayah Kecamatan Baebunta Luwu Utara dibekuk aparat Polsek Baebunta.

Pelaku Suardi (17) kembali diamankan aparat Kepolisian lantaran diketahui telah lakukan pencurian 1 unit sepeda motor di Desa Lara Kecamatan Baebunta, Minggu (30/9)

Kapolsek Baebunta, IPDA Rodo Manik, S.TK menjelaskan awal kejadian bermula saat pelaku mengintai rumah kosong di Desa Lara usai menggasak 2 tabung gas di Desa Palandan.

“Saat pelaku memarkirkan motor yang ia pinjam dari temannya, pelaku kemudian mengintai rumah kosong, dan saat itu ada warga yang melihat sehingga pelaku takut ketahuan dan keburu kabur ke dusun Situndukan”, terang Kapolsek.

Tiba di dusun situndukan, pelaku mengambil sepeda motor jenis Honda Beat putih milik seorang perempuan Rante Pamuso yang terparkir depan rumahnya, kemudian pelaku membawanya ketempat sepi.

“Pelaku ini kemudian mengambil parang di sebuah rumah warga, kemudian dia gunakan parang tersebut untuk membongkar kunci kontak motor namun gagal karena kurang tekhnik,” tutur IPDA Rodo.

Selanjutnya pelaku menuju ke Pondok Sawah milik Tandi Raba (59) yang ditinggal kosong lalu membongkar gembok dan mengambil sebuah tas yang berisi sebuah HP Android merk Samsung serta 1 buah tabung gas.

Pelaku yang merupakan warga Kelurahan Kappuna ini kemudian meneruskan perjalanannya ke Desa Muktitama dan menginap di rumah salah seorang warga Lombok bekas tetangga pelaku.

“Saat nginap disitu, pelaku berbohong kepada pemilik rumah dengan mengatakan bahwa dirinya didapati warga tidur dengan pacarnya di Dusun Karya Mulya Desa Lara sehingga melarikan diri,” tandas Kapolsek Bebunta.

Tak sadar seluruh gerakan mencurigakan yang dilakukan pelaku, saat bangun tidur petugas Polisi sudah datang menjemput karena laporan warga bahwa pelaku menginap di salah satu rumah warga.

Dari hasil interogasi singkat, pelaku mengakui beberapa lokas aksi pencuriannya yakni di Desa Lara, pelaku mengambil 1 buah tabung gas 3 kg dan sembako, pada malam hari. Pelaku juga mengambil 2 bilah badik, 1 buah tabung gas 3 kg dan 10 kg beras. Dan mengambil pula 1 buah tabung gas 3 kg di rmh lain, pada sore hari.

Sementara di Desa Palandan, pelaku mencuri 2 buah tabung gas pada saat pemiliknya sedang tidur. Dan di Desa Bumi Harapan, pelaku menggasak 1 buah Tabung gas 3 kg, 1 buah HP merk Nokia dan 8 kg Beras.

Pelaku saat ini sementara dimankan di Mapolsek Baebunta untuk menjalani proses hukum lebih lanjut sesuai dengan segala perbutannya.(**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here